Feeds RSS

Senin, 10 Mei 2010

Beretika dalam komunikasi dalam dunia maya (internet)

Dari penulisan sebelumnya yang ada diwebsite http://retnoayuapriani.web.id/sejarah.php saya sudah membahas apa itu etika..
Disiini saya akan mengutarakan pendapat saya tentang cara beretika berkomunikasi yang baik didalam dunia maya atau lebih kita kenal dengan dunia internet(chatting,facebook,Mirc,twitter,friendster dll)
1.jangan menggunakan huruf besar atau kapital, kenapa karena dengan menggunakan banyak huruf besar dapat diartikan dengan penegasan.. misalnya ketika suasana hati sedang emosi,marah-marah atau menyuruh/ bisa juga sedang memberi warning (peringatan) kepada seseorang. Nanti bisa-bisa adda orang yang tersinggung dengan penulisan kita. So..perhatikan ya..walaupun sepele tapi bisa berakibat fatal.
2. Jangan menggunakan tanda seru atau simbol- simbol yang tidak perlu.. karena bisa bikin mata pembaca menjadi pusing, apalagi ada penggunaan huruf besar dan huruf kecil atau angka secara mengacak misalnya c0b4 D1b4C4 d3n94N 53K54M4
3. gak boleh menghina seseorang dengan mengkait-kaitkan dengan agama, ras, jenis kelamin, status sosial atau penghinaan yang bisa membuat orang merasa tersakiti dan dapat memicu emosi seseorang.
4.jangan menggunakan persoalan pribadi untuk melawan perdebatan. Misalnya jika kita sedang berdebat dalam suatu topik.trus kita sudah gak bisa melawan.jangan sekali- sekali kita menyudutkan dia dengan keburukan dia, walupun dia mempunyai sifat yang tidak baik.karena sifat kita disitu akan ketahuan, baik atau tidaknya.
5.jika kita ingin bertanya, bertanyalah dengan sopan..hindari pertanyaan yang intern atau yang memancing emosional. Bertanyalah dengan bahasa yang bisa dimengerti dan jangankan gunakan bahasa gaul.
Untuk sekarang..hanya ini yang bisa saya berikan.

Retnoayuapriani.web.id

0 komentar:

Posting Komentar